English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, Juli 05, 2013

KURSUS MAHR DASAR

KURSUS MAHIR DASAR Budiyono KEPIL 2 SD 6 JULI 2013 buddynajwa.blogspot.com/attar_najwa@yahoo.com 1. Orientasi Kursus Drs. H. Sumedi Keiklasan dalam mengikuti kegiatan Kursus mahir dasar 2. Dinamika kelompok Ki bagus 3.Sejarah perkembangan pramuka Suwarto Aku ini jadi seorang pramuka Apalagi pramuka pembina Kudibina dan ditempa selalu Untuk menjadi pembina sejati Disiplin2 adalah napasku Kesetiaan kebanggaanku Kehormatan segala galanya Akan kuingat slalu 4. Retno Herwanti uu no 12 th 2010 Ad art pramuka Asas dan tujuan pramuka membina genarasi muda Beriman n taqwa Kecakapan hidup Jasmani sehat Kepedulian thd lingkungan hidup 4. Romelah Kode kehormatan, kiasan dasar dan moto kepramukaan Kode kehormatan Adalah suatu norma atran yg mjadi ukuran mengenai akhlah budi pekerti yg tersimpan dlm hati seseorang Kd kehormatan pramuka :suatu norma dlm kehidupan kepramukaan yang mjd ukuran tingkah laku Kode kehormatan pramuka terdiri dari : 1.Satya pramuka Janji pramuka 2.Darma pramuka ketentuan moral pramuka Kode kehormatan Siaga dwi satya dwi darma 7 - 10 Mula,bantu,tata, barung perindukan Penggalang tri satya dasa darma Regu pasukan Ramu,rakit,terap Penegak Sangga, ambalan Pandega siap bersedia untuk mandegani Racana Moto pembina pramuka Iklas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana Moto pramuka Satya ku kudarmakan darma kukubaktikan 5. Program kegiatan peserta didik Ki bagus Secara teoritis menggunakan sku tetapi materi harus disesuaikan dg perkembangan jaman dan perkembangan peserta didik 6. Kuwatno Upacara pembukaan siaga Gerakan pramuka organisasi Pendidikan nonformal berjenjang tidak klasikal dialam terbuka Pramuka anggota Muda sppp Dewasa pembina Pendidikan pramuka kegiatan pramuka latihan jambore 4 ranah Latihan Gelar lt jambore,pw penegak raimuna nilai materiil Penghayatan hidup mandiri Pemahaman pendidikan karakter Pendidikan luar sekolah Melalui kbm tidk berjenjang dan berkesinambungan Diluar keluarga,sekolah masyarakat Learning to know,to do, to live together, to be, to serve Dewasa pelaksana, muda peserta didik Menyenangkan,menarik menantang dialam terbuka, hubungan non formal, kakak n adik, Peserta didik Siaga mula bantu tata Penggalang ramu rakit terap Penegak bantara laksana Pandega Skk segitiga,lingkaran,segi empat segi lima Prodik siaga Upacara melingkar Barung 6 8 pramuka bisa diubah-ubah. barung rumah jaga suatu bangunan Enang basuki Menciptakan kegiatan kreatif dan rekreatif Sekolah masyarakat keluarga Keptamukaan lingkungan sekolah di luar sekolah Pendidikan dasar kepramukaan, metode kepramukaan Untuk membentuk watak Berlangsung sepanjang hayat Kegiatan Modern,bermanfaat, taat asas Perlu diperhatikan fasilitas,persiapan,surprise,teknis Diharapkan ada peningkatan oleh n utk kaum muda Caranya: Identifikasi perkembangan Libatkan peserta didik Prioritas Uptodate Anik jarwanti Upacara pembukaan Latihan Siaga Bendera pancasila dwi darma Pembina pembantu pembina pemimpin barung Retno Prinsip dasar kepramukaan Permainan yg menyenangkan Meluncur dengan tali Romelah Memahami peserta didik Anggota 7 sd 25 memiliki sifat heterogen Memahami peserta karakteristik setiap peserta didik Pembina mampu berbuat dan bertindak arif n bijaksana Kunci utama pembina kesadaran thd kondisi peserta didik Karakteristik siaga Ingin menyatu dengan teman sebaya Dunia bermain Dunia akal dgn mencari sebab akibat Karakteristik penggalang putra Lekas lelah,tdk suka aktif,perubahn biologis,tidur nyenyak,bangun kesiangan,hati tdk ttp,kacau,pesimis Penghalang putri Malas,krg ska bekerja keras,suasana hati murung,pwrubahn biologis,kurang ska bergaul Karakteristik Penegak Mencari pedoman hidup Mencari nilai dlm masyarakt Memuja idola Suka bergaul,mencari kesibukan Mencari keg tradisional bernilai budaya Karakteristik pandega Anik Jarwanti Peran dan tugas serta tanggung jawab pembina pramuka Segi empat cerdas, berpikiran kedepan boros Segi enam berjiwa dagang,kharismatik,jiwa kepemimpinan Segitiga tenang,pintar Lingkaran romantis,nafsu sex besar Metode Sustem among menempatkan pd sbg mitra didik Pembina perlu mengenal peserta didik Yg membina pamong Ing ngarso sung tulodo siaga Ing madya mangun karso penggalang penegak Tutu wuri handayani Sidqi Cara berkomunikasi dan berhubungan dengan peserta didik Mengatasi hambatan komunikasi Pramuka sejati Rajin terampil dan gembira Senantiasa praja muda karana Sopan dan tak kenal rasa sombong Bersahaja setia suka menolong Yayayaya itulah pramuka Pramuka sejati Sejati kata dan prilakunya Spi unggun : 10 pembaca obor dada darma 1 mc 2 sekapur sirih 1 pemimpin upacara 1 pembaca doa Struktur dan administrasi Gudep Akreditasi 80 135 60 90 60 90

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More